TAMAN SIRING BANJARMASIN DAN FUNGSINYA

     Di banjarmasin, sangat sulit untuk menemukan tempat hang out yang hijau, padahal untuk pupolasi penduduknya tidak lah sedikit. namun orang banua tidak perlu sedih, karena sekarang sudah direnovasi untuk SIRING yang ada di depan Mesjid Sabillal maupun yang diseberangnya.walaupun tidak sehijau yang saya bayangkan, paling tidak itu cukup bisa melepaskan penat dan hati yang "GALAU".


   Cuma hal tersebut malah sekarang dimanfaatkan pasangan-pasangan remaja untuk tempat memadu kasih dan menjurus ke hal maksiat. untuk itu seharusnya ada pengelola dari pemerintah daerah untuk bisa memberikan fungsi positif agar tidak ada lagi hal-hal yang negatif didapatkan dari tempat tersebut.

1.SEBAGAI TEMPAT MEMANCING

   Fungsi ini sangatlah bagus sekali, walaupun sangat contras dengan pemandangan sungai yang masih jauh dari kesan "INDAH", namun cukup menghibur ketika kita datang kesana dengan hati kacau..(^_^)

ketika hari sudah memasuki sore hari, sangat banyak pemancing yang nimbrung dan mencari tempat untuk bisa melepas pancing mereka. ada yang baru melepas langsung dapet ikannya, ada pula yang harus menunggu berjam-jam untuk bisa merayakan mendapatkan ikan yang di cari. memang terkadang bukan lah hasil yang dicari, namun ada juga yang melakukan itu cuma sekedar refresing semata. "timbang-timbang cuma malas-malasan dirumah" hee

saya sendiri menulis artikel ini tepat di siring yang ada di seberang mesjid Sabillal. lumayan lah jadi objek perhatian orang banyak ketika menulis artikel ini di sekeliling pemancing mania yang hadir.

2.SEBAGAI TEMPAT BERTEMU/KOPI DARAT

     Saya teringat masa-masa remaja disini, ketika masih HOT nya Friendster, saya malah ngajak ketemuan/kopi darat di siring ini, asing memang, tapi angker. kenapa angker? karena pada saat itu banyak sekali preman-preman yang mengincar di sekeliling kami. ngasih seribu ataupun dua ribu rupiah memang bukan hal yang sulit, namun keamanan kita berada disana tidak ada yang menjamin. namun sekarang saya cukup lega, karena sekaranf sudah banhak aparat yang berlalu lalang di sekitar sini. cukup lah membuat hati yang terkadang was-was duluan ini bisa bernafas lega.

   akan tetapi, hal ini bukanlah hal yang bagus untuk dilakukan, karena kalau hal itu kurang diawasi, malah akan berujung kemaksiatan dan hal negatif lainnya. tidak jarang ada pasangan yang diciduk ketika sedang asyik bermadu kasih pada saat malam hari. memalukan memang, tetapi inilah ironi yang harus dihadapi pemerintah. spanduk dan umbul-umbul larangan pun seakan angin lalu yang diabaikan begitu saja oleh penikmatnya. tapi kita tidak perlu mehakimi ataupun menggurui pemerintah, cukup kesadaran dan pengertian masing-masing saja sudah cukup untuk menghilangkan image kotor tersebut.


3.SEBAGAI TEMPAT BERJUALAN

   pada saat ini, bukan hanya pedagang kaki lima saja yang ikut mencari peruntungan disini, tapi sekelas baju kelas atas pun ada dijual dipinggir-pinggir sini.
mereka rela memarkirkan mobil mewah mereka sebagai stand untuk memajang baju-baju yang mereka tawarkan. namun, walaupun baju yang berkelas, mereka tetap sadar diri, menjual ditempat seperti ini tidak akan bisa laku kalau terpatok harga yang jauh. terbukti harga yang mereka tawarkan cukup murah dan bervariatif.

   PKL yang paling banyak? sekarang lagi trendingnya PENTOL dan Gorengan telur. makanan ini memang bukan penganan asli banjarmasin, tapi cukup digandrungi oleh masyarakat karena rasanya yang enak dan harganya yang murah meriah.sedangkan makanan khas malah tidak saya jumpai disekitar sini. IRONI, seharusnya malah makanan khas kita yang kita tonjolkan, karena sebagai Taman Objek asli banjarmasin, seharusnya kita perlengkap dengan makanan khas dari daerah kita sendiri. " yaa, PR lagi ni buat pemerintah daerah"hee

4.SEBAGAI TEMPAT BERKUMPULNYA JOGGINGERS

  Apa itu joggingers? yaa, saya cuma asal aja sih memberi sebutan untuk orang-orang yang suka lari pagi ketika pagi hari di sini. Namun hal tersebut sangat famiar sekali disini. bahkan teman saya ada yang jadi langganan disini, pada hari minggu pagi selalu jogging disini. ya katanya sekalian cuci mata sich. hee

  

2comments:

  1. kayak e asik nih tempatnya.
    liburan sememster boleh lah kesini,he2

    ReplyDelete
    Replies
    1. Boleh aja gan, nanti aku yg jadi guide nya langsung gan.. hee

      Delete

Harap komentar anda menggunakan bahasa yang sopan dan santun

mohon maaf kalau ada pesan anda yang tidak saya tampilkan.
mungkin komentar anda kurang berkenan di hati saya.